Thursday, October 31, 2013

SD Inklusi, SD Luar Biasa, atau Homeschooling..???

Saat ini Rayhan sudah TK-B. Tahun depan kami rencanakan masuk SD. Meskipun psikolog menyarankan dua tahun lagi, tapi mengingat umur rayhan tahun 2014 sudah 7,5 tahun, dan cukup besar untuk tetap tinggal di TK, maka kami tetap memutuskan untuk masuk SD.
SD mana... ???

Nah loh... SD mana ya...?
Mungkin SD Inklusi. mampukah Rayhan...? Efektif-kah rayhan belajar di bidang akademik di SD reguler/inklusi... ??
atau SD Luar biasa...
efektif-kah.. ?? Apakah mampu bemberi stimulus yang cukup baik untuk Rayhan selain bidang akademik..??
atau Homeschooling atau Sekolah Rumah.. ??
mampukah saya? cukupkah stimulus lingkunngan yang saya berikan pada Rayhan... ??

atau Unschooling.. ?? Belajar tanpa sekolah...??
-waduh kalau yang ini saya tidak berani ambil pilihan-

Maka, H-setahun rayhan masuk SD, alias satu tahun sebelumnya, mulai bulan Agustus kemarin, saya pun berkeliling. Survey dari satu SD ke SD yang lain. Selalu saya awali dengan pertanyaan "apakah bisa menerima anak berkebutuhan khusus disini??"
juga ke SDLB, juga ke komunitas Homeschooling...

masih lama sih, setahun. Tapi setahun itu cepat sekali tanpa terasa. Kalau tidak dipersiapkan kemampuan, pemahaman, kemandirian, dan sekolah mana yang dipilih.. DARI SEKARANG... saya dijamin akan panik kesana-kemari nanti bila sudah mepet pendaftaran siswa baru.

selain survei sekolah, juga jajak pendapat, diskusi... dengan siapapun tentang pendapat mereka sekolah mana yang sebaiknya diikuti Rayhan, karena ketiga pilihan (Inklusi, SDLB, Homeschooling) semuanya punya kelebihan masing-masing.

Akhirnya, pertimbangan penting terakhir adalah saya tanya Rayhan... mau sekolah atau belajar di rumah...??
jawabnya sungguh mengagetkan.. " AKU MAU SEKOLAH SMA.. "
hahahaha...
wokeylah...

Sekolah inklusi + Home education sepertinya paling pas.
Sekolah reguler + belajar di rumah sepertinya paling pas. Kepala sekolahnya SAYA, IBUNYA...

1 comment:

  1. di SD inklusi saja mbak Nihan, agar dek Rayhan bisa bersosial lebih luas :) salam kenal dari saya (temannya Fitri) :)

    ReplyDelete