Saturday, September 21, 2013

Bila Rayhan TANTRUM

Bismillaahirrahmaanirraahiim
 
TANTRUMnya Rayhan... ??
Apa sih tantrum itu... ?? saya mengutip dulu dari PSIKOLOGI ZONE, sebelum bercerita tentang Rayhan
Tantrum adalah perilaku marah pada anak-anak prasekolah. Mereka mengekspresikan kemarahan mereka dengan berbaring di lantai, menendang, berteriak, dan kadang-kadang menahan nafas mereka. Tantrum yang alami terjadi pada anak-anak yang belum mampu menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan rasa frustasi karena tidak terpenuhi keinginannya. Ada beberapa sebab tantrum, diantaranya memiliki masalah dengan kemampuan bicara, dan termasuk rasa lelah dan lapar.

Kapan tantrum ini mulai harus menjadi lampu “kuning” bagi perkembangan anak?
Jika saat marah, anak sering mengalami masalah lain seperti menghisap jempol, menggigit diri sendiri, membenturkan kepala, menendang-nendang diri sendiri, dan menyebabkan anak jadi sulit tidur. Jika perilaku tantrum bermasalah terrsebut berulang lebih dari tiga kali sehari, secara rutin ataupun tidak, dan tantrum bertahan selama 15 menit atau lebih.

Naaahh... begitulah saat Rayhan tantrum. Meskipun tidak sampai menggigit diri sendiri, atau membenturkan kepala... rewelnya, tangisannya, kemarahannya sebegitu hebat sampai lama. Sampai kami bingung membujuknya untuk diam. Sampai kami akhirnya membiarkannya menangis.. “nak, menangislah, jika itu memuaskan kemarahanmu” seolah kami berkata demikian. Sampai kadang kami seolah ‘cuek’.. padahal karena kami tidak tahu lagi apa yang harus kami lakukan untuk menenangkannya.
Kalau di rumah gak terlalu masalah... kalau di tempat umum... ?? malu, panik, bingung...
Tapi, begitu Rayhan mulai bisa bicara usia 3 tahun, mulai bisa menunjuk, bisa memilih... tantrumnya perlahan berkurang... sampai akhirnya.. saat ini, mungkin hanya sesekali dia merengek nangis tanpa tantrum.. 

Apa yang menyebabkan Rayhan tantrum.. ?
TIDUR, MAKAN, KEINGINAN PERGI ke suatu tempat, Tidak NYAMAN dengan sesuatu, terlalu LELAH.
Bagaimana supaya Rayhan tidak tantrum, atau mewek merengek... ? Tidur cukup, makan cukup (tidak kelewat lapar), tidak terlalu lelah aktifitas seharian. Tidak selamanya sesuai rencana kami.
Maka, di acara tertentu, kami biasanya sudah menyiapkan PLAN B untuk menenangkannya. Mainan, makanan, minuman, buku baru, membawa benda kesukaannya ke suatu tempat.. dannnnn... KESEPAKATAN saat akan pergi ke suatu tempat. Belanja misalnya. Saat akan berangkat, kami bersepakat dulu, belanja kemana, beli apa, apa yang boleh dibeli rayhan, berapa jumlahnya, dan setelah belanja langsung pulang atau ke suatu tempat terlebih dahulu. Tentu saja saat berangkat Rayhan harus sudah makan, minum, pipis, dan bangun tidur pagi tidak terlalu awal ataupun kesiangan, tidur malamnya juga tdk kelewat ngantuk.
YUP... yang penting saat Rayhan marah, saya harus menunda kemarahan saya. Jangan sampai kami kondisi pengen marah dan bete bersama-sama.
Alhamdulillaah

No comments:

Post a Comment