Tuesday, November 12, 2013

Kebun Hijau Inspirasi Rayhan

Saya  menyebutnya Inspirasi Rayhan... karena memang Rayhan lah yang punya ide untuk menanam. Desember tahun 2012 lalu, Rayhan minta pohon cabe. Maka saya mengajaknya mencari beberapa cabe busuk di kulkas untuk disemai. Lalu saat kami ajak ke supermarket, Rayhan berdiri terdiam di depan bagian buah stroberi. "Rayhan mau?" tanya saya... Takjubnya dia menjawab "ditanam".
Maka saya pun menjelaskan bahwa tanaman stroberi bisa dibeli di toko tanaman. Maka, hari itu kami pulang dengan empat polibag kecil berisi bibit stroberi. Setelah itu,kami mulai menanam yang lain. tomat, sawi, bawang merah, kenikir, kangkung, semangka. Maka, kami pun jadi memiliki sebuah kebun kecil berisi aneka tanaman.
Sampai saat ini, hampir setahun kami masih memiliki puluhan polibag stroberi. Padahal entah berapa puluh yang lainnya sudah kami berikan kepada teman sebagai hadiah. Juga entah sudah berapa buah stroberi yang kami petik, berikat-ikat sawi yang sudah kami panen, juga kenikir dan daun pepaya.
Setiap liburan, kami menyempatkan bersama-sama berkebun, mencabut rumput, menyiram, menyemai, atau memanen. Bahkan kami sering piknik menggelar tikar di rerumputan, disamping tanaman stroberi sambil membawa bekal makanan.
Sebenarnya, saya mengajarkan Rayhan tentang pelajaran IPA. Mulai dari menanam biji, bertunas, disiram, diberi pupuk, berbunga, berbuah. Rayhan juga mampu mengidentifikasi tanaman apa saja dengan membedakan bentuk daunnya. Dari kebun ini juga, saya mulai mengenal komunitas Malang Berkebun dan Indonesia Berkebun. Jadi tambah ilmu, tambah teman, tambah hijau.
Anda mau bibit stroberi atau yanglain? Silahkan datang ke rumah. Gratis sebagai hadiah.

Hhhmm... memang hijau itu segar






No comments:

Post a Comment